Selasa, 27 Februari 2018

Perkembangan Windows Operating System

        
          Perkembangan Windows Operating System 

        Sejarah dan perkembangan sistem operasi windows dari versi paling awal sampai sekarang - Setiap hari kita menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop, dan saat itu kita sering menggunakan salah satu aplikasi yang paling terkenal. Windows adalah salah satu aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau notebook yang sangat membantu manusia. Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft.

    Penemu Windows untuk pertama kalinya adalah dua orang yang saling bersahabat sejak kecil yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Sejak penemu Windows ini, Windows kini mengalami perkembangan dari versi yang satu ke versi lainnya dengan kualitas yang semakin ditingkatkan.

Sejarah dan perkembangan sistem operasi windows dari versi paling awal sampai sekarang


    Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface). Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)) dan kemampuan multitasking.


Windows 1.0

Sistem operasi Windows 1.0

       Sistem operasi Windows 1.0 dikeluarkan pada tanggal 20 November 1985 dan diresmikan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 yang dijuluki dengan Windows Graphic Environment 1.0. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan sama yang dimiliki oleh MS-DOS. Selain itu, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara “tile” saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Tentu saja, Windows 1.0 memiliki cukup banyak kekurangan sehingga belum begitu dikenal di masyarakat.

Windows 2.0

Windows 2.0 


          Windows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard. Jadinya, kita dapat menggunakan Windows dengan hanya berbekal keyboard dan juga dukungan Keyboard Shortcut. Windows 2.0 sendiri di luncurkan pada tanggal 9 Desember 1987. Lalu, rilis selanjutnya yaitu Windows 2.1 sampai Windows 2.03, menambah fitur yaitu Protected Mode dan penggunaan memory yang lebih besar pada prosesor Intel 386.

Windows 3.0

Windows 3.0

       Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.

Windows 95

Windows 95

       Windows 95 yang memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.

Windows 98

Windows 98

        Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95.

        Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan kehadiran Windows 98 mengundang banyak kontriversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web.

Windows 2000

Windows 2000

       Windows 2000 termasuk kedalam keluarga Windows NT. Dirilis pada 17 February 2000, Windows 2000 ini khusus dibuat untuk kalangan bisnis. Ada versu Professional, Server, Advanced Server dan Datacenter Server. Untuk pengguna rumahan, Windows merilis Windows ME beberapa bulan kemudian. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game).

Windows ME (Millennium Edition)

Windows ME (Millennium Edition)

       Sesuai dengan namanya, Windows ME ini dirilis pada 14 September tahun 2000 yang sering disebut sebagai tahun milenium. Dibandingkan dengan Windows 98, Windows ME memiliki boot time yang jauh lebih cepat. Di Windows inilah pertama kali ada fitur System Restore untuk merestore PC ke titik tertentu jika mengalami permasalahan. Namun demikian, banyak yang menganggap bahwa Windows ME ini adalah produk gagal yang memiliki banyak masalah. Keberadaan Windows ME ini pun segera digantikan oleh Windows NT Family lainnya ( XP, Vista, 7, dan Windows 8).

Windows XP 
Hasil gambar untuk windows xp

















Gambar terkait


       Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode "Whistler" selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.


      Sebuah fasilitas manajemen software baru yang disebut Side-by-Side Assembly diperkenalkan untuk memperbaiki masalah "DLL Hell" yang sering muncul pada Windows 9x. Windows XP juga merupakan versi pertama Windows untuk menggunakan aktivasi produk "Windows Product Activation" untuk memberantas pembajakan peranti lunak, meski hal ini menjadi kontroversi. Check Keaslian Windows dengan MGAdiag
Windows XP juga telah dikritik oleh beberapa pengguna untuk kelemahan keamanan komputer, integrasi beberapa aplikasi seperti Internet Explorer 6 dan Windows Media Player yang sangat ketat, dan untuk aspek-aspek dari standar antarmuka pengguna.

Windows Vista

Hasil gambar untuk windows vista


















windows VISTA 

        Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya. Salah satunya adalah Windows Vista memiliki fitur Aero Glass yang mana ini adalah sebuah themes dengan tampilan kualitas tampilan yang sangat bagus. Aero Glass akan menampilkan efek transparan yang sangat halus pada windows, selain itu Aero Glass tsb akan membentuk lengkungan di setiap ujungnya. dan ditambah pula dengan efek bayangan. OS ini juga memiliki tingkat KEAMANAN tertinggi karena dilengkapi fitur "TWO WAY" yang berarti OSnya bisa memonitor NETWORK COMMUNICATION secara inbound ataupun outbond. tetapi OS ini memiliki kekurangan yaitu kurang stabilnya OS yang telah terinstal dengan Hardware, makanya OS ini sering kali HANG jika spedifikasi Hardwarenya hanya standar-standar saja.  

Windows 7
 
windows 7
Hasil gambar untuk windows 7 menu


Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.

Windows 8
Hasil gambar untuk windows 8


Berikur ini adalah kelebihan dari windows 8 :
1 Loading proses boot sangat cepat yaitu sekitar 8 detik saja. Windows 7 aja K.O kalo lagi boot loading.
2 Penggunaan memory windows 8 sedikit, ketimbang windows 7 yang banyak memakai beberapa proses.
3 Windows 8 dalam performance 3D nya lebih cepat daripada windows 7.
Aplikasi – aplikasi yang khusus untuk windows 7 ternyata bisa masuk dan diinstal ke dalam windows 8. Jadi nggak usah khawatir lagi dengan hal ini.
Pihak Microsoft pun mengatakan kalo platform pembuatan windows 8 ini merupakan platform yang sama dengan windows 7 tetapi Microsoft sendiri membuat agar penggunaan hardware dan software yang compatible dengan versi windows 7 sebelumnya.
Tidak hanya itu, windows 8 dan juga windows 7 juga punya kelebihan yang cukup menarik bagi para pengguna komputer dengan spesifikasi hardware yang sedikit. Windows 7 dapat beroperasi pada komputer / laptop dengan RAM 512MB dan ketika loading bisa dibilang lumayan lah ( maksudnya lumayan lambat dengan tampilan aero nya). Microsoft merincikan spesifikasi minimum kalo mau menginstal windows 8, diantaranya:
1 Processor minimum kecepatan 1 Ghz ke atas ( intel atom juga bisa, tapi keluaran yang terbaru)
2 RAM 1 Gb untuk x86 (versi 32bit) dan 2Gb untuk yang versi x64
3 HDD minimal 16 Gb pemakaiannya.
4 VGA yang kompatibel dengan directX 9
Time line Windows


Windows 10


Windows 10


Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap
windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.
Dengan sistem operasi Windows maka semua pekerjaan jauh lebih mudah dijalankan, OS pada komputer atau laptop sangat mendukung perkembangan bisnis dan juga perekonomian saat ini. Hampir semua perusahaan menggunakan sistem operasi Windows untuk memudahkan pengolahan data.



Dari Segi Perbedaan Pada Umum Nya


1. Tampilan    

       Jelas saja beda, tampilan antara Windows XP, Vista dan Seven.. Lihat aja gambar di atas, walaupun ada juga sih OS Windows XP yang memakai Theme Windows 7 (Contohnya saya) Atau theme OS lain... 
Kalau ngomongin originalnya, banyak perbedaannya,
Windows 7 dan Vista memiliki Windows Aero yang sangat cantik dan sangat berguna. Sedangkan XP tidak memiliki itu. Start menu pada Windows 7 dan Vista lebih keren tapi sederhana, Untuk mencari program di Windows 7 kita enggak perlu lagi susah susah buka All Program layaknya Windows XP atau kotak Search yang nyarinya lama banget. Kita cukup mencarinya dari kotak search di Start Menu



2. Kestabilan

        Untuk Kestabilan, Windows XP yang paling unggul, bahkan Microsoft pun menyadari hal itu dan akan terus mendukung Windows XP sampai tahun 2014 nanti, wew!! Sampai pemilihan capres berikut nih...
       Dan yang paling parah adalah Windows Vista, (bisa di baca diatas) oleh karena itu Microsoft mengeluarkan Windows 7 yang memiliki tingkat ke stabilan tinggi untuk menutupi kekecewaan pelanggan yang sudah menggunakan Windows Vista. Bahkan, ada rumor ada rumor bahwa seharusnya OS vista masih belum cocok untuk di komersilkan mengingat daya tahan dan daya kestabilannya yang sangat kurang dibandingkan Windows 7

3. Keamanan
 
      Dari rangkuman di atas juga, Windows Vista memiliki tingkat KEAMANAN tertinggi karena dilengkapi fitur "TWO WAY" yang berarti OSnya bisa memonitor NETWORK COMMUNICATION secara inbound ataupun outbond. Dan keamanan pada Windows XP kalah di bandingkan dua OS ini,
Di Windows Vista dan Seven memiliki Sistem UAC (User Account Control), yang akan memeringatkan anda jika sebuah program akan dijalankan. Fitur ini dapat anda atur di Control Panel sesuai keinginan. Jadi, jika ada virus yang masuk ke Windows 7 dan virus tersebut menjalankan sebuah program, maka secara otomatis UAC akan muncul dan memblokir program dan virus tersebut karena dijalankan tanpa seijin pengguna komputer. Sistem UAC (User Account Control) pada Windows Vista tidak bisa dimatikan dan terus berjalan. Ini sangat mengganggu, karena setiap menjalankan program, anda harus klik OK pada setiap peringatan. Tidak dengan Windows 7, anda bisa mengaturnya agar UAC dimatikan saja, atau dihidupkan sesuai dengan level keamanan. Mau pilih aman, atau pilih sangat aman, atau pilih sangat 100x aman bisa anda atur sendiri. 


      Windows XP dalam keamanannya kurang unggul dikarenakan sistem firewallnya yang belum di tingkatkan level keamanannya atau di mutakhirkan. Dan juga Windows XP belum memiliki Windows  Defender yang siap memproteksi anda kapan saja. Makannya aktifkan Windows Automatic Update, biar Windows kita selalu terupdate dengan teknologi - teknologi baru Microsoft, tapi ini engga berlaki lho buat yang "jendelanya" bajakan, wkwkwkw

4. Kecepatan


      Kecepatan, Ini juga merupakan faktor penting dalam memilih OS. Selain di pengaruhi oleh spek Hardware kita, si OS itu sendiri yang juga mempengaruhi kecepatan komputer dalam mengakses data atau program.

     Soal kecepatan berdasarkan hardware standar untuk Windows XP, dan hardware standar untuk Vista dan Seven hasilnya adalah yang tercepat Seven, kedua XP, dan ketiga Vista.. (kata sebuah forum xD)
Ini juga di dukung dengan kemudahan akses Seven dengan viturnya, seperti yang saya sebutkan di atas.Windows 7 dapat digunakan dengan mudah karena Start menu sudah didesain ulang agar terlihat lebih cantik namun lebiih powerful. Sekarang kita tidak perlu membuka windows explorer untuk mencari, cukup dengan buka Start menu pada windows 7 dan mulai mencari. Dan ada juga fitur Jump List pada taskbar, agar mengakses program yang penting dapat digunakan dengan mudah 
Lah, sama dong kaya Start menunya Vista? Hha, tunggu dulu, Windows search pada Seven lebih cepat di bandingkan pada Vista.

5. Penggunaan Hardware


     Ini yang terpenting dan paling membedakan, Masa iya dengan RAM 256 MB kamu nekad memakai Windows 7? Hha, bisa klenger PC kamu.. Mendingan liat dulu 

Spesifikasi minimum Windows XP, Vista, 7 ,8 Dan 10

1.Windows Vista

#Kebutuhan Hardware Windows Vista

800 MHz / 1 GHz Processor.
Memory RAM 512 MB.
DirectX 9 dengan kelas kartu grafis.
64 MB memory grafis.
20 GB Hard disk (HDD) , yang memiliki 15 GB ruang bebas.
CD-ROM / DVD Drive.
keyboard dan mouse yang kompatibel.
Speaker untuk multimedia.

2.Windows XP

# Kebutuhan Hardware Windows XP

Intel Pentium / celeron Family / AMD K6 / athlon / Duron family atau processor yang kompatibel.
233-MHz minimum yang diperlukan untuk processornya.
RAM 128 MB. Bisa juga dengan RAM 64 MB tapi kemungkinan kinerja dan beberapa fitur terbatasi.
1,5 GB Ruang Hard disk.
Super VGA (800x600) atau resolusi yang lebih tinggi.
CD-ROM / DVD Drive.
keyboard dan mouse yang kompatibel.

3.Windows 7

# Kebutuhan Hardware Windows 7
800 MHz / 1 GHz Processor.
Memory RAM 512 MB.
DirectX 9 dengan kelas kartu grafis.
64 MB memory grafis.
20 GB Hard disk (HDD) , yang memiliki 15 GB ruang bebas.
CD-ROM / DVD Drive.
keyboard dan mouse yang kompatibel.

Sumber artikel diatas: http://severconect.blogspot.com/2012/05/spesifikasi-minimum-untuk-windows-xp.html

4.Windows 8

Prosessor : 1 GHz (32-bit dan 64-bit)
RAM : 1 GB (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
Ruang Harddisk : 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
Kartu Grafis : Microsoft DirectX 9 graphic dengan driver WDDM
Sumbernya : http://yongkiworld.blogspot.com/2013/05/spesifikasi-minimum-untuk-menginstall.html


5.Windows 10

Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster
RAM: 1 gigabyte (GB)
Free hard disk space: 16 GB
Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver
A Microsoft account and Internet access


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

100 Orang Yang Berpengaruh Di Dunia

                               100 Tokoh menurut Michael H. Hart    Peringkat Nama Pengaruh 1 Nabi Muhammad Penyebar agama Is...