VGA NVIDIA dan Radeon dari awal hingga sekarang
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk
mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat
perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan
keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain
permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen
kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada
konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan
sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan
oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh
Super VGA.
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal
digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu
VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output
(keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic
ataupun untuk bermain game.VGA
Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis.
Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor
pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA
memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA
seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine
(#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.
Kartu VGA menggunakan beberapa macam memori seperti:
DRAM (Dynamic RAM) berkecepatan 80 ns
atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang menggunakan DRAM
berlapis. DRAM digunakan pada banyak kartu grafik 8, 16, atau 32 bit.
Penggunaan DRAM ditujukan untuk komputer tingkat entry level, yang tidak
memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak. EDO RAM berkecepatan
60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada kartu grafik 64 bit.
EDO RAM yang umum dipakai mempunyai speed 60 MHz 60/40ns. Contoh kartu
VGA yang menggunakan memori EDO adalah WinFast S280/S600 3D, Diamond
Stealth 2000 3D, ATi Mach 64, dsb. VRAM (Video RAM) berkecepatan 20 atau
10 ns, VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat dari
DRAM. Penggunaan VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas
atas. VRAM biasa dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain
grafis. Contoh kartu VGA yang menggunakan VRAM adalah Diamond Fire GL,
Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Stealth 64, dsb. SGRAM (Synchronous
Graphic RAM) berkecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM pada kartu VGA juga
berdasarkan pada teknologi SDRAM pada memori utama komputer. SGRAM
banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi yang mempunyai kemampuan
3D accelerator. Contoh dari kartu VGA yang menggunakan SGRAM adalah
Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II S220,
Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, ATI Rage II 3D Pro, dsb. RAMBUS
penggunaan RAMBUS pada VGA card komputer masih sedikit (RAMBUS adalah
memori yang digunakan pada mesin-mesin game Nintendo, Sega, sejauh ini
hanya kartu grafik produksi Creative Labs (MA-302, MA-332 Graphic
Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme) yang menggunakannya.
Sejarah Perkembangan VGA Nvidia
Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat
berperan penting dalam hal kinerja grafis: prosesor, memori, dan kartu
VGA. VGA (Video Graphics Adapter), adalah standar tampilan komputer
analog. VGA juga bisa diartikan sebagai komponen yang tugasnya
menghasilkan visual dari komputer dan hardware yang memberikan perintah
kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat.
VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM (International
Bushiness Machines Corporation) disingkat menjadi IBM. IBM adalah salah
satu perusahaan AS yang membuat/memproduksi perangkat keras dan
perangkat lunak. IBM didirikan pada 15 Juli 1911 dan beroprasi pada
tahun 1888 yang berpusat di Armonk, New York, AS.
VGA terdiri atas dua jenis, yaitu: VGA onboard dan VGA Card (dengan kartu VGA).VGA Onboard
VGA onboard adalah unit pemroses yang
telah menyatu pada motherboard, maka VGA card tidak diperlukan lagi.
Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA
onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA
card yang diinginkannya.
Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981 nyaris
semua PC mempunyai memori terpisah untuk frame buffer, yaitu block
memori dimana gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. Ini bukan
masalah bagi sistem yang memiliki video monochrome bebasis karakter.
Karena frame buffer yang diperlukan hanya 2 KB. Tetapi GUI (Graphical
User Interface) yang berbasis modern yang memerlukan layar bit mapped
yang bersolusi tinggi dan warna sejati sangat rakus memori. Layar
beresolusi 640 x 480 pixel dengan warna 8 bit meminta frame buffer
sebesar 300 KB, sementara layar beresolusi 1024 x 768 pixel dengan warna
24 bit memerlukan memori sebesar 2,25 MB. Frame buffer yang dedicated
berukuran tetap.
Tidak perduli mode layar yang sedang
digunakan frame buffer harus mampu mengakomodasi resolusi paling tinggi
dan kedalaman warna terbaik yang dapat didukungnya. Software tidak bisa
memanfaatkan memori sisa dari frame buffer walaupun yang digunakan
adalah resolusi rendah dan 16 warna. Ini penyebabnya oleh cara pemaketan
Video dan konfigurasinya dalam sub sistem grafis yang khusus. Dengan
demikian, ber- Mega-mega byte memori tersia-siakan. UMA (Unified Memori
Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.
Sejak sistem PC IBM pertama, didalam
komputer pasti ada unit kartu grafis, entah itu CGA, EGA, MCGA , VGA,
atau yang lain. Dengan menggunakan kartu VGA bukan onboard maka akan
didapatkan kinerja yang lebih baik daripada sistem yang menggunakan UMA
(Unified Memori Architecture). Jika dulu sebuah kartu grafis 8 bit
dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X
480 sudah cukup, maka sekarang tidak lagi. Kebutuhan minimal untuk
komputer multimedia adalah kartu grafik 64 bit dengan memori 1 MB.
Saat ini teknologi sudah semakin maju dan
berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit)
mulai meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card
yang bagus. Berikut ini adalah beberapa contoh vga card dari yang
pertama hingga yang sekarang ini :
S3 ViRGEKepanjangan dari “ViRGE adalah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik. S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit menawarkan 4MB memory onboard, core dan memory clockspeeds up to 66 MHz, dan juga telah mendukung fitur fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering, MIP mapping, Alpha blending, Z-buffering, dan 3D tekstur lainnya.
VGA
ini adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan
desain teknologi Microsoft’s DirectX 5 API. NVIDIA NV3 memiliki spec. 4
MB memory, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC
dan mendukung AGP 2x.
NVIDIA GEFORCE 200 SERIES
VGA
ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia berhasil memaukkan
1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia
yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful.
Graphic Accelerator
Chipset-chipset masa kini sudah memasukkan kemampuan akselerasi 3D built
in pada kartu VGA. Selain kartu VGA, sekarang ada pheriperal komputer
pendukung yang dinamakan 3D accelerator. 3D accelerator berfungsi untuk
mengolah/menterjemahkan data/gambar 3D secara lebih sempurna.
Akselerator 3D yang keberadaannya tidak memerlukan IRQ lagi mampu
melakukan manipulasi-manipulasi grafik 3D yang kompleks. Contohnya pada
game-game 3D bisa ditampilkan citra yang jauh lebih realistis. Sebab
banyak fungsi pengolahan grafik 3D yang dulunya dilakukan oleh prosesor
pada motherboard, kini dikerjakan oleh prosesor grafik 3D pada 3D
accelerator tersebut. Dengan pembagian kerja ini maka prosesor dapat
lebih banyak melakukan kerja pemrosesan yang lain. Selain itu programmer
tidak perlu membuat fungsi grafik 3D, karena fungsi tersebut sudah
disediakan oleh akselerator 3D. Chipset 3D pada kartu VGA tidak sebaik
jika menggunakan 3D accelerator sebagai pendukungnya (3D accelerator
dipasang secara terpisah bersama dengan kartu VGA). Meskipun begitu
Chipset 3D pada kartu VGA juga mendukung ‘beberapa’ fasilitas akselerasi
3D pada 3D accelerator. Sebagai catatan penting bahwa, fungsi 3D
accelerator akan optimal jika Software/game yang dijalankan memanfaatkan
fungsi-fungsi khusus pada 3D accelerator tersebut. Software/game yang
mendukung fasilitas ini mulai berkembang, yang sudah terkenal adalah
dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX,
Rendition Verite, dan Permedia 3D Labs.
vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertical.
VGA AGP
Awal dibuatnya vga agp, karena
peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke
peralatan display, sehingga dibuatkan slot agp untuk memasang vga kenis
agp, vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu
agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga
agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan
kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang
vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah.
Perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa.
KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan adanya VGA yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, maka dapat disimpulkan :
- Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat berperan penting dalam hal kinerja grafis: prosesor, memori, dan kartu VGA.
- VGA terdiri atas dua jenis, yaitu: VGA onboard dan VGA Card (dengan kartu VGA).
- VGA Onboard adalah unit pemroses yang telah menyatu pada motherboard.
- VGA Card adalah unit pemroses yang tidak menyatu pada motherboard.
- Selain kartu VGA, sekarang ada pheriperal komputer pendukung yang dinamakan 3D accelerator.
- Dibandingkan dengan VGA Card, kelebihan dari 3D accelerator berfungsi untuk mengolah/menterjemahkan data/gambar 3D secara lebih sempurna.
Saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus. Yang mulanya para developer menciptakan VGA yang memiliki spesifikasi yang masih terbatas hingga saat ini mengeluarkan VGA yang mimiliki spesifikasi yang begitu menunjang konsumen dalam segi desain grafis, pencinta game, animasi maupun segala hal yang menyangkut dalam tampilan dan garfish. Berikut ini adalah beberapa VGA card dari yang pertama hingga yang sekarang ini :
1. S3 ViRGE
Kepanjangan dari “ViRGE adalah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik. S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit menawarkan 4 MB memory onboard, core dan memory clockspeeds up to 66 MHz, dan juga telah mendukung fitur-fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering, MIP mapping, Alpha blending, Z-buffering, dan 3D tekstur lainnya.
2. ATI RAGE 3D & RAGE II
ATI RAGE II memiliki spec. 32-bit memory bus, dan memorynya hanya 2 MB. Karena kelemahan yang ada pada ATI RAGE 3D maka dibuatlah lagu seri ke-2nya yang diberi nama RAGE II yang memiliki spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memory bus, memory clockspeeds up to 60 MHz, serta mendukung kemampuan untuk memutar DVD Playback.
Gambar 2.2 ATI RAGE 3D dan RAGE II
3. NVIDIA NV3
VGA ini adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan desain teknologi Microsoft’s DirectX 5 API. NVIDIA NV3 memiliki spec. 4 MB memory, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC dan mendukung AGP 2x.
4. NVIDIA NV4
VGA ini merupaka penerus dari NVIDIA NV3, namun NVIDIA NV4 tidak ada penambahan yamh signifikan dalam spec. seperti memory maksimum ditambah menjadi 16 MB dan mempunyai clockspeeds pada 110 MHz, tetapi Nvidia manambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 seperti teknologi “second pixel pipeline”, 32-bit true colors, dan fitur Trilinear filtering.
5. NVIDIA GEFORCE 256
VGA Nvidia ini memiliki kecepatan performa 2 kali lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya, vga ini memiliki spec. DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline dan sebuah fitur bernama “cube environment mapping” yaitu yang gunanyauntuk menciptakan efek real time reflection.
6. NVIDIA GEFORCE SERIES 2
Ini merupakan vga Nvidia pertama yang menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan “Nvidia Shading Rasterizer (NZR)”.
7. ATI RADEON R520
VGA ini menghadirkan spec. memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan performa yang optimal. Selain itu vga ini memiliki fitur seperti kemampuan High Dynamic Range (HDR) lighting.
8. NVIDIA GEFORCE 9 SERIES
VGA ini merupakan keluaran dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga “High End” dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.
9. NVIDIA GEFORCE 200 SERIES
VGA ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia berhasil memaukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful.
Sejarah Perkembangan VGA AMD Radeon/AtiRadeo/Radeon
Pada tahun 1985, ATI didirikan sebagai Array Technologies Incorporated oleh Yuen Kwok Ho, Benny Lau dan Lee Ka Lau. Bekerja terutama dalam bidang OEM, ATI produksi terintegrasi kartu grafis untuk PC seperti IBM dan Commodore. Dari 1987, ATI telah berkembang menjadi sebuah kartu grafis independen pengecer, pengenalan EGA Wonder dan VGA Wonder lini produk kartu grafis dengan merek yang di bawah tahun. Pada bulan Mei 1991, perusahaan yang dirilis Mach8, ATI pertama produk dapat memproses grafik tanpa CPU. Debuting pada tahun 1992, yang ditawarkan Mach32 meningkatkan bandwidth dan memori GUI percepatan kinerja. ATI Technologies Inc pergi publik pada tahun 1993 dengan saham yang terdaftar di NASDAQ dan Bursa Efek Toronto.
Pada tahun 1994, yang Mach64 penderas debuted, powering dengan Grafis dan
Xpression Graphics Pro Turbo, menawarkan dukungan hardware untuk YUV-ke-ruang
warna RGB konversi di samping perangkat keras memperbesar; awal teknik hardware
berbasis video percepatan. ATI diperkenalkan pertama kombinasi 2D dan 3D
accelerator dengan nama 3D Rage. Chip ini berdasarkan Mach 64 tetapi kekuatan
fitur akselerasi 3D. The ATI Rage baris powered hampir seluruh berbagai produk
grafis ATI. Secara khusus, Rage Pro merupakan salah satu giat 2D-plus-3D
alternatif untuk 3dfx’s 3D hanya Voodoo chipset. Akselerasi 3D di baris Rage
lanjutan dari fungsi dasar dalam awal 3D Rage ke DirectX yang lebih canggih 6,0
penderas di 1999 Rage 128. All-in-Wonder lini produk diperkenalkan pada tahun
1996 adalah yang pertama kombinasi chip grafis terintegrasi dengan TV tuner
yang pertama dan kartu chip yang memungkinkan komputer untuk menampilkan gambar
pada televisi.The kartu fitur akselerasi 3D ATI didukung oleh kedua generasi 3D
Rage II, 64-bit 2D performa, kualitas video TV-akselerasi, analog video
capture, TV tuner fungsionalitas, meliuk-bebas TV-out dan TV stereo audio
penerimaan.
ATI sudah masuk ke dalam ponsel oleh sektor komputasi memperkenalkan grafis
3D-akselerasi ke laptop pada tahun 1996. Mobilitas lini produk yang telah
memenuhi persyaratan yang berbeda dari PC desktop, seperti diminimalkan
penggunaan listrik, mengurangi panas output, output TMDS kemampuan untuk laptop
layar, integrasi dan maksimal. Pada tahun 1997, ATI Tseng Labs diperoleh dari
grafik aset, yang termasuk 40 teknisi. Radeon di lini produk ini unveiled
grafis pada tahun 2000. Awal grafis Radeon pengolahan adalah semua unit-desain
baru dengan DirectX 7,0 akselerasi 3D, video akselerasi, dan akselerasi 2D.
Teknologi dikembangkan untuk generasi Radeon tertentu dapat dibangun dalam
berbagai tingkat kinerja dan fitur untuk menyediakan produk yang cocok untuk
seluruh pasar jangkauan. Kisaran stretches dari high-end Radeon HD 3000/4000
seri yang mendukung DirectX 10,1 Unified Shader Model teknologi, untuk Mobility
Radeon produk untuk laptop, dan untuk anggaran seri, seperti Radeon X1300.
Generasi ini kemudian diperluas untuk mencakup fleksibilitas untuk memudahkan
pembangunan terpadu baik dan mempunyai ciri-ciri bagian dari teknologi yang
sama.
Pada tahun 2000, ATI diperoleh ArtX, yang rekayasa yang sirip chip grafis
yang digunakan di Nintendo gamecube game konsol. Mereka juga membuat versi
modifikasi dari chip (CODEC Hollywood) untuk penerus dari gamecube, yang Wii.
ATI telah mengontrak oleh Microsoft untuk membuat grafik inti (CODEC Xenos)
untuk Xbox 360. Kemudian pada tahun 2005, ATI diperoleh dari Terayon Modem
Kabel Silicon Kekayaan Intelektual memperkuat mereka memimpin di pasar konsumen
televisi digital. KY Ho tetap sebagai Ketua Dewan sampai ia pensiun pada
November 2005. Dave Orton diganti dia sebagai Presiden dan CEO organisasi. Pada
tanggal 24 Juli 2006, AMD dan ATI mengumumkan rencana untuk bergabung bersama
dalam menangani bernilai $ 5,4 miliar. Merger yang ditutup pada 25 Oktober
2006. Akuisisi pertimbangan termasuk lebih dari $ 2 miliar dibiayai dari
pinjaman dan 56 juta saham dari saham AMD. ATI tetap namanya, logo dan merek
dagang. ATI maka CEO Dave Orton dibuat Eksekutif Vice President of Visual
Bisnis dan Media.
Dilaporkan bahwa pada bulan Desember 2006 AMD / ATI, beserta saingan utama
NVIDIA, menerima panggilan dari Amerika Serikat Departemen Kehakiman mengenai
kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis.
Pada bulan Juli 2007, AMD mengumumkan pengunduran diri dari Dave Orton. ATI, sebuah anak perusahaan dari AMD, dinamakan Graphics Product Group (GPG) di dalam perusahaan. The top-level manajemen yang Graphics Product Group terdiri dari Rick Bergman, Senior Vice President dan General Manager dan Adrian Hartog, Senior Vice Presiden dan General Manager Elektronik Konsumen Group. Kedua lapor ke Dirk Meyer, CEO AMD.
Pada bulan Juli 2007, AMD mengumumkan pengunduran diri dari Dave Orton. ATI, sebuah anak perusahaan dari AMD, dinamakan Graphics Product Group (GPG) di dalam perusahaan. The top-level manajemen yang Graphics Product Group terdiri dari Rick Bergman, Senior Vice President dan General Manager dan Adrian Hartog, Senior Vice Presiden dan General Manager Elektronik Konsumen Group. Kedua lapor ke Dirk Meyer, CEO AMD.
Produk ATI, selain mengembangkan high-end GPUs (awalnya disebut VPU, visual
unit pengolahan, oleh ATI) untuk PC, ATI juga tertanam versi desain untuk
laptop (Mobility Radeon), PDA dan ponsel (Imageon), motherboard terpadu (Radeon
IGP) , dan beberapa others. ATI mempromosikan produk-produknya dengan fiksi
“Ruby” karakter perempuan, yang bisa disewa duitan. “Komputer video animasi yang
dihasilkan oleh RhinoFX tentang Ruby pada misi (menjadi sniper, penyabot,
hacker dan sebagainya) akan ditampilkan pada teknologi menunjukkan besar
seperti CeBIT, Ces.
- Graphics Solusi / “Small Wonder” – Seri 8-bit ISA card dengan MDA, CGA Hercules dan kompatibilitas. Nanti versi ditambahkan EGA dukungan.
- EGA / VGA Wonder – IBM “EGA / VGA-kompatibel” menampilkan Adapters (1987)
- Seri Mach – ATI pertama diperkenalkan 2D GUI “Windows Accelerator”. Sebagai seri berkembang, GUI akselerasi meningkat drastis dan awal video percepatan muncul.
- Seri Rage – ATI pertama 2D dan 3D accelerator chips. Yang berkembang dari seri elementer 3D dengan 2D GUI akselerasi MPEG-1 dan kemampuan, untuk yang sangat kompetitif dengan Direct3D 6 penderas kemudian “terbaik di kelas” DVD (MPEG2) percepatan. Berbagai keripik sangat populer dengan OEMs of the time. Rage II yang digunakan pada ATI All-In-Wonder multi fungsi kartu video, dan lebih maju Semua-Dalam-Wonders berdasarkan Rage series GPUs diikuti. (1995-2004)
- Rage Mobilitas – Dirancang untuk digunakan dalam rendah daya lingkungan, seperti buku tulis. Keripik fungsional ini adalah mereka yang mirip dengan desktop negeri, tetapi harus maju seperti penambahan daya manajemen, LCD antarmuka, dan memantau fungsi ganda.
- Radeon Series – Diluncurkan pada 2000, ATI Radeon baris adalah merek bagi konsumen 3D accelerator tambahan di kartu. Yang asli adalah ATI Radeon DDR pertama DirectX 7 3D accelerator, mereka memperkenalkan pertama hardware T & L engine. ATI sering diproduksi ‘Pro’ versi jam dengan kecepatan tinggi, dan kadang-kadang ekstrim ‘XT’ versi, dan bahkan lebih baru ‘XT Platinum Edition (PE)’ dan ‘XTX’ versi. Radeon seri yang merupakan dasar bagi banyak ATI All-In-Wonder boards.
- Mobility Radeon – Serangkaian daya dioptimalkan versi Radeon chip grafis untuk laptop. Mereka memperkenalkan inovasi seperti modularized RAM chips, DVD (MPEG2) percepatan, notebook GPU kartu sockets, dan “PowerPlay” daya manajemen teknologi.
- ATI CrossFire – Teknologi ini telah ATI tanggapan dari NVIDIA SLI platform. It diizinkan, dengan menggunakan kedua kartu video dan dual PCI-E Motherboard berdasarkan ATI CrossFire chipset yang kompatibel, kemampuan untuk menggabungkan kekuatan dua kartu video untuk meningkatkan performa melalui berbagai berbeda memberikan pilihan. Ada satu pilihan untuk tambahan PCI-E video plugging kartu ke dalam tiga slot PCI-E untuk game fisika, atau pilihan lain untuk melakukan fisika pada kedua video card.
- FireGL – Diluncurkan pada 2001, setelah akuisisi ATI FireGL Grafis dari Diamond Multimedia. Workstation CAD / CAM kartu video, berdasarkan Radeon seri.
- FireMV – Untuk workstation, dengan multi-melihat, sebuah teknologi untuk kebutuhan untuk menampilkan beberapa workstation dengan akselerasi 2D saja, biasanya didasarkan pada produk low-end dari seri Radeon.
- IGP 3×0, Mobility Radeon 7000 IGP – chipset ATI pertama. Menyertakan DirectX 7-tingkat prosesor grafis 3D.
- 9100 – 2. Generasi sistem chipset. IXP250 Southbridge. Ianya penting untuk menjadi yang pertama selesai ATI chipset motherboard, termasuk ATI-dibangun Southbridge. Ia termasuk yang Diperbaharui DirectX 8,1 prosesor grafis kelas.
- Xpress 200/200P – PCI Express berbasis Athlon 64 dan Pentium 4 chipset. Mendukung SATA serta grafis terintegrasi dengan dukungan DirectX 9.0, pertama chipset grafis terintegrasi untuk melakukannya.
- Xpress 3200 – mirip dengan Xpress 200, tetapi dirancang untuk kinerja optimal CrossFire.
- AMD CrossFire 580X chipset – AMD edisi Xpress 3200 diganti, karena AMD Akuisisi ATI.
- 690G, Xpress 1250 – untuk platform AMD dan Intel. Termasuk DirectX 9 prosesor grafis ditingkatkan melalui Xpress 200 dan industri asli HDMI pertama pelaksanaan di motherboard.
- Chipset AMD 700 series – khusus untuk prosesor AMD, ini adalah keluarga chipset yang mendukung prosesor Phenom dan antusias Quad FX platform (790FX), antusias chipset (790X), IGP (790GX, 780G, 740G) dan satu kartu grafis varian (770, 740) bertujuan utama nilai dan sistem komputasi yang tersedia.
Selain di atas chipset ATI telah mengumumkan bahwa telah menangani bulus
dengan CPU dan Motherboard sebagai produsen tahun 2005, khususnya Asus dan
Intel, untuk membuat onboard 3D Graphics Intel solusi untuk berbagai
motherboard baru yang akan diluncurkan dengan berbagai Intel Pentium M berbasis
desktop prosesor, Intel Core dan prosesor Intel Core 2, yang D101GGC dan
chipset D101GGC2 (CODEC “Grand County”) berdasarkan Radeon Xpress 200 chipset.
Namun, high-end papan dengan prosesor grafis terintegrasi (IGP) akan tetap
menggunakan grafis terintegrasi Intel GMA prosesor. Yang berhubungan dengan
Intel telah dianggap secara resmi berakhir dengan pembelian dari AMD ATI
Technologies pada bulan Juli 2006, dengan Intel mengumumkan SiS IGP chipset
(chipset D201GLY, CODEC “Little Valley”) untuk masuk level platform desktop,
mengganti “Grand County “seri chipset.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar